Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Rambut Bayi


Masyarakat lokal Indonesia memanfaatkan kemiri bukan sebagai bumbu saja, tapi juga sebagai obat, salah satunya minyak kemiri.

Kandungan kemiri berguna bagi tubuh manusia, terutama bagian rambut diantaranya, asam lemak omega-3, dan berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, vitamin E dan vitamin F. Banyak orang percaya, kemiri mampu mencegah rambut rontok, melebatkan dan menghitamkan rambut.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, Sahabat Dream bisa mencoba cara membuat minyak kemiri sendiri di rumah. Proses pembuatannya sangat mudah, cepat dan tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Yuk simak cara membuatnya berikut ini.

Bahan dan Peralatan

Siapkan terlebih dahulu bahan dan peralatan untuk membuat minyak kemiri. Bahannya sangat mudah, cukup sediakan kemiri sebanyak 250 gram dan air putih secukupnya. Untuk perbandingan, kemiri lebih banyak dari air, jangan sampai terlalu banyak air dan membuat kemiri terlalu larut.

Setelah menyiapkan bahan utama, lanjutkan dengan menyediakan mangkok kecil, cobek untuk menghaluskan, bisa diganti dengan blender, sendok, panci kecil dan kompor. Kumpulkan semua bahan dan peralatan dalam satu tempat.

Jangan lupa mencuci semua peralatan yang akan digunakan terlebih dahulu. Begitu semua bahan dan peralatan siap, cuci tangan sampai bersih, dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Membuat Minyak Kemiri Sendiri

Langkah pertama, haluskan kemiri terlebih dahulu dengan menggunakan cobek. Apabila tidak memiliki cobek, blender bisa jadi solusi alternatif. Disarankan untuk menggunakan blender kecil khusus bumbu, agar kemiri halus merata.

Jika terpaksa menggunakan blender, tambahkan sedikit air untuk menghaluskan kemiri secara maksimal. Setelah itu, tambahkan air ke adonan kemiri halus. Aduk terus sampai air dan kemiri bercampur jadi satu.

Siapkan wadah untuk menyaring ampas kemiri dengan sari-sarinya menggunakan kain. Proses memeras ini hampir sama dengan proses memeras parutan kelapa. Pastikan air perasan masuk ke mangkok yang sudah disiapkan.

Langkah terakhir, didihkan air kemiri menggunakan panci kecil dengan api sedang. Pendidihan minyak kemiri memakan waktu cukup lama, jadi harus bersabar menunggu dan mengaduknya. Baru, setelah mendidih dan berubah menjadi minyak, matikan kompor. Diamkan sejenak hingga dingin, lalu tuangkan dalam botol kecil.

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Rambut Bayi"